KIRIMAN SIMPATISAN

Menyibak Aromatherapy Di balik Getaran Penyembuhan

Terapi Psikis Pereda Stres

Aroma adalah sebuah kekuatan. Bernuansa mistis Wujudnya yang misterius justru menghadirkan getaran nyata inilah yang memberi inspirasi para pencipta formula parfum, setiap jenisnya membawa karakter tertentu, namun percayakah aroma mampu menyembuhkan ? Bahkan jenis yang berbeda menyembuhkan gejala penyakit berbeda pula. Seberapa besarkah harta karun alami ini mampu kita manfaatkan.

SESUAI namanya Aromatherapy memang menjajikan penyembuhan melalui aroam atau bau-bauhan. Aroma disini berasal dari tumbuhan alami. Umumnya memang bersumber dari bunga. Namun daun, akar, batang bahkan kulit kayu pun bisa dimanfaatkan sama baiknya. Pengelolahannya berbeda-beda namun inti penyembuhannya adalah menghirup uap atau gas yang keluar dari olahan tersebut.
Menghirup aroma berarti memasukkan suatu zat kedalam tubuh kita. Zat tersebut mempengaruhi sel-sel syaraf yang selanjutnya menimbulkan suatu perasaan tetentu. Perasaan tertentu inilah yang memberi kemungkinan penyembuhan. Sebagian besar memang berkisar pada terapi psikis seperti pereda stres, meningkatkan relaksasi, menghilangkan kecemasan, menurunkan amarah dan lain sebagainya. Namun penyembuhan psikis juga dapat mempercepat pemulihan fisik. Contohnya insomnia atau penyakit susah tidur, ketegangan setelah melahirkan, sembelit, dan pemulihan setelah operasi.
Sejak zaman purba, terapi dari aroma tumbuhan telah dikenal. Penemunya adalah bangsa Mesir, sekitar tahun 1555 SM. Disusul oleh bangsa Yunani, Roma, dan Cina. Bangsa Yunani memanfaatlkannya sebagai obat dan kecantikan, sementara bangsa Roma mengembangkanya dalam pijat dan Mandi. Bahkan Cina dikenal karena keunggulannya dalam ilmu tumbuh-tumbuhan dan sat itu telah mampu membukukannya. Hanya saja saat itu prakteknya masih primitif dan tidak berkembang. Sekarang terapi ini telah dikembangkan baik secara ilmiah maupun alamiah. Pencetus perkembangan ini adalah Rene Maurice Gattefosse, seorang ahli kimia dari perancis. Pada tahun 1937 ia menerbitkan sebuah buku tentang efek aromatherapy secara medis. Sejak saat itulah, getaran penyembuhan ala aromatherapy mulai menyentak.

Sederhana dan Aman

Bunga memang identik dengan wanita. Terbukti, mayoritas peminat terapi aroma adalah kaum Hawa. Selain bergelut dengan keindahan, terapi ini sesuai dengan karakter wanita. Tetapi lebih jauh, terapi ini memberi jaminan kesehatan.
Untuk tujuan ini aroma bisa dihadirkan dalam bentuk lilin, cairan pengharum dan potpourri (bunga dan daun kering). Namun yang paling efektif adalah lewat minyak dasar atau essense yang bisa dihasilkan tiap jenis flora. Essense ini dibuat sendiri. Namun biaya pembuatannya tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh. Membeli produk jadi, kiranya lebih praktis dan hemat biaya. Walaupun demikian, essense juga tak dapat diperoleh. Untuk itu, fungsi essense disini dapat digantikan oleh bunga atau tumbuhan segar dengan teknik pengolahan khusus. Sedangkan teknik pengobatanya sangat sederhana dan aman seperti berikut :

1. menghirup Uap. Agar efektif, menghirup uap harus dilakukan dengan sempurna. Caranya, campurkan beberapa tetes essense ke dalam air hangat dalam baskom. Telungkupkan kepala anda di atas baskom dan tutup dengan handuk. Hirup uap yang keluar dari larutan tersebut dalam-dalam.

2.semprotan. Aroma tumbuhan dibaurkan dengan dengan udara disekitar kita. Caranya essense tumbuhan dicampurkan dengan air dan dimasukkan kedalam

3.tabung penyemprot. Semprotan setiap beberapa saat, Uap beraroma tersebut memberi kenyamanan dalam ruangan anda.

4.Mandi. Mandi adalah salah satu terapi, terutama jika kita larutkan essense dalam air untuk mandi. Lebih baik digunakan air hangat dan merendam bagian-bagian tubuh yang sakit.

5.Pijat. Pijat harus dilakukan ahlinya. Peranan terapi aroma ialah penggunaan essense sebagai media pijat. Minyak tersebut akan meresap kedalam kulit dan mempercepat peanyembuhan.

Efek Samping Pernyembuhan.

Meski relatif aman, terapi ini juga harus dilakukan dengan hati-hati. Efek samping pasti ada. Jika anda termasuk orang yang bermasalah dengan saluran pernafasan atau alergi kulit, lebih baik berkonsultasi secara medis sebelum terlanjur. Cara lain adalah mempekajari sifat-sifat tanaman yang akan digunakan, beberap jenis harus melalui proses tertentu.

Untuk menguji ketahanan kulit anda, oleskan essense atau bahan tersebut pada bagian siku. Jika setelah 24 jam tidak terjadi sesuatu pada kulit anda, pengobatan Aromatherapy dapat dilanjutkan. Khusus ibu hamil dan anak-anak, ada beberapa jenis tumbuhan yang harus dijauhkan. Misalkan aroma pedas peppermint atau kenanga yang menyengat harus dijauhkan untuk menghindari kontraksi berlebihan.

Melati Tingkatkan Daya Seksual

Melati ( jasminium officinalis dan Jasminium Grandiflorum ) Siapa sangka bunga yang sederhana ini memiliki kekuatan yang dasyat ? Jika Mawar dijuluki sebagai “Ratu Bunga”. Maka melati layak disebut sebagai “Raja Bunga”. Memang bentuknya cenderung feminin. Namun aroma yang dihasilkan dari essense melati sangat kuat dan pekat melebihi bunga lainnya. Sebagai penyembuhan melati ternyata membantu problem seksual. Baik secara fisik maupun psikis, Khasiat lainnya yang juga menonjol adalah sebagai anti-depressant atau pereda stres.

Sifat Melati.
Yang menonjol dari melati adalah aromanya yang tajam. Perlu diingat bahwa memetik bunga melati sebaiknya dilakukan pada malam hari. Sebab mulai lepas senja melati menebarkan aromanya dengan kuat. Jika dipetik pada malam hari, melati dapat mempertahankan aroma hingga pagi. Bila ingin memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan, bunga melati sebaiknya direndam dalam air. Dalam ruangan tertutup aroma melati yang berasal dari rendaman akan bertahan relatif lebih lama. Jika tidak direndam, aroma hanya kuat pada malam hari. Selain itu, bunga akan cepat layu dan berubah warna menjadi kecoklatan.
Sifat melati lainnya adalah menghangatkan. Sifat ini menjadikan melati salah satu bunga yang paling baik untuk media pijat. Selain cairannya yang lembut, kandungan melati cepat meresap kedalam pori-pori kulit. Kehangatan yang menjalar tubuh mengakibatkan efek pijatan makin cepat terasa.

Teknik Pengobatan dan Khasiatnya

Larutan untuk Mandi

Caranya :
Masukan bunga melati segar sebanyak dua genggaman ( 30 – 50 bunga ) ke dalam air hangat dan larutan satu sendok the garam. Jika tubuh anda terluka, garam bisa mengakibatkan perih atau pedih. Fungsinya bisa digantikan kunyit. Mandi sebaiknya dilakukan dengan cara berendam. Biarkan tubuh anda terendam dalam larutan ini selama 15 – 20 menit.

Namun jika tidak memungkinkan untuk berendam, maka usahakan seluruh bagian tubuh anda terguyur oleh larutan ini.

Khasiatnya :
Terutama sebagai pereda stres, menghentikan insomnia (susah tidur) mengurangi keacemasan dan paranoia (rasa takut berlebihan) menghaluskan dan mengencangkan kulit, melemaskan otot, melenyapkan problem bau badan. Jika kehidupan seksual anda sedang lesu, maka sering-sering melakukan terapi ini akan memulihkan kesegaran dan gairah seksual.

Larutan untuk Dihirup

Caranya :
Masukkan 10 – 15 bunga melati ke dalam baskom berisi air hangat. Telungkupkan kepala kira-kira 15 – 20 cm di atasnya. Tutup kepala anda dengan handuk bersih agar uap yang keluar akan sepenuhnya terhirup oleh anda. Hirup selama 10 detik, hentikan sesaat, lalu hirup lagi, dan seterusnya.

Khasiatnya :
Sebagai expectorant atau memudahkan keluarnya dahak, melegahkan tenggorokan, menyehatkan paru-paru, dan memulihkan suara serak.

Catatan :
Jika anda mengalami sesak nafas ketika melakukannya, maka harus segera dihentikan. Berarti anda tidak tahan dengan aroma melati yang kuat.

Media Pijat

Caranya :
Bunga melati cukup diremas-remas dan dicampur dengan minyak kelapa atau minyak kenari. Oleskan yang hendak dipijat.

Khasiatnya :
Bagi ibu hamil dipijat bagian punggung bawah dan perut. Ini akan sangat membantu kontraksi dan memudahkan kelahiran. Jika mengalami sembelit (sakit yang disebabkan menstruasi) urutlah mulai pinggang atas sampai kebawah. Sedangkan untuk memulihkan kondisi tubuh, pijat atau
urut bagian yang dikehendaki (kaki, lengan, atau bagian lainnya). Untuk meningkatkan gairah seksual, baik pria maupun wanita memiliki titik tertentu yang khas. Pijatlah titik tersebut dengan campuran minyak melati. Selain kandungan kimianya, aroma melati juga berperan dalam

membangkitkan gairah seksual. Khasiat lainnya, jika tersengat lebah, gosokan bunga melati pada bagian yang tersengat. Sengat lebah akan mudah dikeluarkan sehingga tidak sampai membengkak.

Mawar Mencegah Penuaan Dini

Mawar (Rosa centifolia dan Rosa damascena)
Mawar si Ratu Bunga ini memang istimewa. Terkenal karena mitos mawar yang melambangkan peryataan cinta. Cantik dalam pilihan warna aneka rupa, mawar memang senantiasa menjadi primadona. Dalam hal pengobatan, mawar pun tergolong bunga yang sering diteliti khasiatnya. Dan tak hanya cantik diluar, mawar memberi garansi kecantikan dari dalam khususnya bagi para wanita.

Sifat Bunga Mawar

Mawar bersifat tonic atau menguatkan tubuh secara umum atau perbagian. Kandungan kimianya sangat kompleks dan saling mendukung penyembuhan. Karenanya,untuk tujuan pengobatan sebaiknya menggunakan mawar segar.
Mawar bersifat mendinginkan dan sangat erat kaitanya dengan kecantikan. Air mawar adalah Astringent yang sangat baik. Astringent berfungsi memperkecil pori-pori mengurangi penguapan. Kulit akan terjaga kelembabannya. Aroma mawar rata-rata lembut. Sebagai parfum, mawar memang tidak menebarkan aroma yang tajam, namun tahan lama sepanjang hari.

Teknik Pengobatan dan Khasiatnya

Larutan untuk Mandi

Caranya :
Khususnya untuk mandi, mawar digunakan dan memisahkan mahkota dengan bagian putiknya. Aroma mawar justru semakin tajam jika mahkota terpisah dari kelopaknya. Setelah mahkota bunga mawar dimasukkan kedalam air, tunggu beberapa saat sebelum digunakan untuk mandi. Bisa menggunakan air hangat atau dingin.

Khasiatnya :
Menyehatkan kulit dan menjegah penuaan dini, mengatasi kram selama hamil,mengurangi tekanan mental setelah melahirkan,memperlancar menstruasi dan membersihkan vagina, dan mengharumkan tubuh sepanjang hari.

Media Pijat

Caranya :

Mahkota bunga mawar direndam dalam sedikit air, kemudian diremas-remas hingga hancur. Setelah halus campurkan dengan minyak tumbuh-tumbuhan, misalnya minyak zaitun atau minyak bunga matahari. Jika

sulit didapatkan dapat digantikan dengan baby oil. Gunakan untuk mengurut bagian tertentu.

Khasiatnya :

Pijatan ini sangat baik digunakan untuk pusing dan mual. Pijat dibagian kepala, yaitu mulai kening, pelipis, dan turun hingga kebawah telinga. Jika terjadi pembengkakan, urut pelan-pelan dengan campuran ini dengan teratur. Bengkak tersebut akan cepat mengempis. Sedangkan untuk facial atau pijat kecantikan, mahkota mawar cukup dihaluskan dengan air. Gunakan untuk memijat titik-titik khusus di wajah. Kemudian basuh dengan air hangat.

Pengharum Ruangan

Caranya :
Bunga mawar cukup direndam dalam air atau ditempatkan dalam vas. Cara lainnya dengan mengeringkanbunga mawar. Mawar yang telah mengering dibungkus dengan kain tile dan digantung didekat jendela atau ventilasi. Cara yang paling mudah adalah dengan menaburkan mawar diatas ranjang. Bisa dikombinasikan dengan bunga melati.

Khasiatnya :

Dengan memanfaatkan mawar sebagai pengharum ruangan, aromanya akan selalu tercium. Walaupun bekerja seharian, kepenatan akan berkurang dan lebih mudah untuk memusatkan pikiran. Jika anda terbiasa melakukan yoga, letakkan pengharum ini diruangan tempat melakukan yoga. Aroma mawar menenangkan syaraf dan melenturkan fisik. Latihan yoga anda akan semakin sempurna. Terapi semacam ini akan memperkuat dan membersihkan rahim serta menjauhkan wanita dari frigidity.

Aroma Kematian Kenanga Mencegah Sakit Gigi

Kenanga atau yang lebih dikenal dengan kantil adalah salah satu bunga yang populer di indonesia. Bunga beraroma tajam ini lain dari yang lain. Kesan kemistisnya amat kental. Menghirup aromanya bisa menegakkan bulu kuduk. Meski dikenal sebagai bunga kematian,ternyata kenanga punya potensi untuk memperbaiki kualitas kehidupan, secara fisik maupun psikologis.
Di seluruh dunia, bunga kenanga hanya tumbuh subur di empat tempat, Filipina, Jawa, Sumatra, dan Madagaskar. Dalam bahasa Filipina, kenanga disebut Ylang-Ylang yang artinya “ bunga segala bunga “. Memang bunga ini cukup langka dan diburu orang, terutama yang dapat memanfaatkan kegunaannya. Namun bunga ini di indonesia ternyata ditakuti . aromanya mengingatkan prosesi kematian. Ritual –ritual gaib pun seakan tak sempurna tanpa kehadiran bunga yang satu ini. Bahkan aromanya membuat sebagian orang merasa mual dan pening.
Kenanga berwarna kuning kehijauan, seperti yang tumbuh di Indonesia, adalah yang paling kuat khasiatnya. Selain pengobatan fisik, kenanga juga mampu menjadi media terapi psikis. Berbeda dengan melati yang harus dipetik pada malam hari, kenanga justru harus dipetik pada pagi hari. Pengolahannya juga lebih bervariasi. Agar lebih dekat dengan bunga ini, berikut manfaat dan cara pengolahannya.

Larutan Hirup.

1.Menurunkan tekanan darah tinggi

Caranya :
Bunga kenanga segar sebanyak 4 – 5 buah dipisah-pisahkan kelopaknya dan direndam dalam air mendidih. Tunggu hingga suam-suam kuku. Tutup kepala dengan handuk bersih dan dekatkan hidung sekitar 5 – 10 cm di atas larutan. Hirup pelan-pelan uapnya, lalu tahan dalam rongga dada 3 – 5 detik, hembuskan. Lakukan berulang-ulang. Jika agak pening akibata aroma tajamnya, bisa di campurkan dengan perasan jeruk nipis.

2.Meredahkan nafas tersengal-sengal dan jantung berdebar-debar ( akibat shock, stres, amarah, dll )

Caranya :
Sama seperti diatas, hanya cara menghirupnya diberi jeda. Setiap 3 atau 4 hirupan, tegakkan kepala dan hirup udara bebas. Ulangi lagi hingga terasa rileks dan nafas terasa ringan.

Media PijatKenanga mengandung minyak dasar yang lembut, sehingga sangat baik bagi media pijat maupun kosmestik. Sebagai media pijat, kenanga bisa diremas-remas dan dicampur dengan minyak kelapa atau cukup baby oil.

1.Melemaskan lutut keseleo
Adakalanya keseleo ringan tidak mendapat penanganan yang serius hingga menyebabkan dampak yang lebih parah. Bengkak yang berkepanjangan atau berbunyi jika digerakkan.

Memijat bagian ini memerluhkan media yang lembut dan minyak kenanga sangat baik digunakan dalam hal ini.
Caranya :
Cukup dioleskan pada daerah yang keseleo dan pijat pelan-pelan
2.Mengempeskan gusi bengkak

Caranya :
Dioleskan pada bagian luar gusi yang bengkak sebelum tidur malam

Untuk Mandi

Kenanga adalah kosmestik alami. Cocok untuk segala macam kulit. Mandi dengan rendaman kenanga memang sangat menyegarkan. Selain menambah kenikmatan tidur anda, air kenanga juga dapat memperindah penampilan anda.
1.Melembutkan kulit wajah dan senantiasa bercahaya alami

caranya :
kenanga segar diremas-remas dan beberapa lembar daun sirih direndam dalam air hangat. Tunggu hingga 10 menit, gunakan untuk membilas muka sebelum ber – make up. Baik untuk digunakan pagi hari,siang, maupun malam sebelum tidur.

2.Memperindah rambut

Selain menguatkan rambut, kenanga juga dapat mengurangi minyak yang bertumpuk-tumpuk dikulit kepala. Kulit kepala menjadi sehat dan bebas ketombe.

Caranya :
Gunakan rendaman kenanga yang dicampur dengan 3 – 4 buah cengkeh untuk membasahi rambut dan keramas. Pijat ringan kulit kepala dan biarkan sebentar sebelum dibilas kembali.

Jeruk Nipis Merangsang Sel Darah Putih

Jeruk Nipis ( citrus limonum ) sangat bermanfaat untuk penyembuhan berbagai penyakit. Tidak hanya sebagai bumbu masakansaj, lemon yang satu ini mampu merangsang pertumbuhan sel darah putih.

LEMON
Terapi aroma tidak menjadi dominasi dunia flora. Buah- buahan maupun sayuran segar juga memiliki potensi yang besar untuk menyembuhkan lewat aroma dan kandungan spesifiknya. Dari dunia buah, munculah lemon atau jeruk lemon yang kita kenal denga jeruk nipis.buah ini beraromah segar dan rasa yang kuat. Buah ini telah dikenal dan dimanfaatkan secara luas.
Mula-mula, pohon jeruk ini tumbuh di india dan mulai disebarkan di italia, spanyol dan portugis pada abad ke –5. Dari italia inilah lemon mulai dikenal keseluruh dunia. Di indonesia sendiri,jeruk nipis sangat terkenal. Penggunaannya sangat luas, mulai sebagai bumbu masakan, kosmetik, hingga pengobatan alternatif. Begitu pula di dunia bara. Beberapa penyakit terbukti dapat disembuhkan dengan media jeruk nipis. Khasiatnya sangat luas. Baik penelitian secara tradisional maupun modern ternyata belum berhasil menggali seluruh manfaat buah ini.
Oleh karenanya, keduanyaharus saling melengkapi. Penggunaan luar,salah satu maanfat terbesar jeruk nipis adalah perangsang membentuk sel darah putih. Penambahan jumlah sel darah putih ini akan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan mempercepat penyembuhan luka luar. Penyakit-penyakit yang gampang menyerang tubuh itu misalnya TBC, Tipus, Malaria, dan penyakit kelamin ( sipilis dan gonorrhoea ).bisa juga untuk menyangkal penyakit yang agak ringan seperti Flu dan bronchitis.
Jeruk nipis bersifat bactericide atau pembasmi bakteri. Memasukkanya larutan kedalam tubuh berarti menggelontorkan bakteri-bakteri yang terlanjur masuk dalam sistem tubuh. Jeruk nipis juga dapat dijadikan tonik, yaitu larutan yang memperkuat bagain tubuh tertentu atau seluruhnya. Karenanya, menggunakan larutan jeruk nipis sebagai tombo setelah meminum jamu bukan tanpa alasan. Selain tubuh menjadi segar, tombo tersebut ikut mempercepat bekerjanya efek jamu dalam tubuh. Jika merasa kurang yakin dengan kebersihan air minum, maka mencampurnya dengan perasan jeruk nipis dapat memperkecil resiko tertinggalnya kuman dan bakteri.
Yang agak mengherankan adalah karakter kandungan jeruk nipis yang menetralkan asam dalam tubuh. Adakalanya tubuh bersifat terlalu asam. Akibat yang kita rasakan adalah penat dan sakit diseluruh tubuh. Asam sitrat dalam jeruk akan menetralisir keasaman selama dalam pencernaan dengan cara merangsang pembentukan zat lain seperti karbonat, bikarbonat,dan kalsium. Jeruk nipis juga ikut menjaga sistim pencernaan, kesehatan, hati dan pankreas.
Mengkonsumsi jeruk nipis dapat dilakukan secara sederhana seperti melarutkan dalam segelas air hangat plus madu murni. Larutan ini dapat diminum secara teratur

dalam takaran yang tepat. Dapat juga melalui campuran dengan bahan lain, seperti dalam masakan atau jamu. Yang perlu diingat adalah buah ini sangat kuat pengaruhnya sehingga pemakaian yang melebihi kebutuhan justru merusak keseimbangan tubuh.
Penggunaan luar jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi. Melalui kontak luar, efeknya sudah dapat dirasakan. Beberapa pemakaiannya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, telah umum diketahui antara lain : sariawan dan gusi berdarah. Larutan jeruk nipis dan air hangat ditahan dalam mulut, tidak perlu dikumur-kumur. setelah beberapa larutan dalam mulut dibuang dan diganti dengan yang baru. Larutan ini akan membentuk semacam lapisan pada sariawan atau bagian yang

berdarah. Jika dikumur, maka lapisan tipis ini akan segera hancur mengecilkan pori-pori.
Jeruk nipis membantu mengecilkan pori-pori kulit dan selanjutnya menghambat timbulnya jerawat. Kulit yang berminyak diolesi dengan air jeruk nipis, tunggu selama 10 menit lalu basuh dengan air hangat. Jika ingin kulit yang lebih sehat, campurkan air

jeruk nipis dengan air rebusan serai, gunakan untuk membasuh muka sebelum tidur. Disamping itu, juga dapat menghilangkan bekas luka bakar.

Air jeruk nipis dicampur dengan tajin (rebusan air beras) dioleskan pada bagian yang luka pada saat masih hangat. Lakukan secara teratur. Syaratnya lukanya harus benar-benar kering. Lebih baik ditambahkan belimbing wuluh yang segar ke dalam campuran tersebut. Menghilangkan kutil. Walupun tidak terasa sakit, kutil bisa sangat mengganggu. Jika ingin menghilangkannya, oleskan air jeruk nipis pada kutil. Jaga agar kulit disekitarnya tidak terkena cairan ini. Pada siang hari dapat ditutup dengan plester, dan biarkan terbuka malam harinya. Gunakan secara teraratur hingga kutil mengering dan mengelupas sendiri.

Seledri Perbaiki Pencernaan
dan Fungsi Liver

Daunnya cukup sederhana. Kalau tak tahan menghirup daun ini bisa mual. Tidak hanya itu saja , daun berwarna hijau tua ini juga dikenal sebagai sayur-mayur pembangkit selera. namun tanaman ini juga dapat dikenal sebagai penyembuh penyakit ginjal dan kandungan kemih.
SELEDRI (Apium graveolens ) si hijau segar ini, memang luar biasa. Wujudnya sederhana, serupa daun biasa. Namun menghirup aromanya membuat perut tiba-tiba kosong. Didapur , ia hanya populer sebagai sayuran pembangkit selera, disamping pandan wangi dan cengkeh. Siapa sangka sayuran segar ini juga siap bertugas menjaga kesehatan anda. Seledri sebenarnya tanaman khas Eropa selatan. Predikat utamanya memang sebagai syuran hijau. Sejak peradapan lama seangkatan Hippocrates, khasiat seledri telah banyak diungkap. Pada kasus kesehatan yang berkaitan dengan ginjal dan kandung kemih, digunakanlah sayuran beraroma segar ini. Sementara pada abad pertengahan, seledri lebih dikenal sebagai bahan jamu rebusan.
Selain itu orang Eropa biasa menghidangkan benih seledri sebagai sajian penutup.mereka mengunyanya mentah-mentah. Konon, segala gangguan pencernaan akan terhindarkan. Sekarang seledri bukan tumbuhan khas melainkan telah mendunia. Walupun negara-negara semacam india, Hungaria, dan Cina telah mampu memanfaatkannya dalam dunia kesehatan, tetap saja tanaman ini identik sebagai tanaman biasa.
Sebagai bahan alternatif, seledri dikenal karena sifatnya diuretic- nya yang tinggi, yaitu mampu merangsang keluarnya Urine (air seni ) dalam jumlah yang besar. Karenanya pengobatan dengan memanfaatkan seledri berkaitan dengan kesehatan ginjal. Khasiat lainnya adalah untuk menurunkan kadar racun dalam tubuh, khususunya asam Uric yang menyebabkan arthritis (encok) dan linu tulang. Seledri juga menambah keelokan mahkota wanita. Berikut macam-macam kegunaannya :

Kegunaan Luar :

Media Pijat

Caranya :
Seledri dihaluskan dan dicampur dengan minyak kelapa secukupnya. Bila ingin lebih awet, campurkan dengan daun jeruk yang dihaluskan.
Kegunaannya :
Untuk media segala jenis pijat, tertama yang berkaitan dengan encok dan linu tulang. Penggunaan khususnya ialah pada masalah sekitar ginjal. Pijat didaerah ginjal secara teratur. Cara pemijatan lebih baik dikonsultasikan pada ahlinya, namun penggunaan seledri sebagai media pijat akan mempercepat kesembuhan.

Pembasuh / Rendaman
Caranya :
Rebus sebatang serai yang telah dimemarkan. Setelah mendidih, masukkan 2- 3 batang seledri yang besar. Tutup rapat-rapat tunggu hingga menghangat.

Kegunaanya :

Untuk memperlancar air seni dengan cara membasuh daerah kandung kemih. Lakukan rutin dua kali sehari. Untuk menghilangkan penat dan linu-linu di daerah persendian, rebusan ini juga dapat digunakan untuk merendam atau menyeka bagian-bagian tubuh yang bermasalah. Sedangkan bagi anda yang berambut tipis atau mudah rontok, rebusan ini dapat digunakan untuk membilas rambut. Pijat-pijat dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dan keramas seperti biasa. Jika digunakan secara rutin akan menyuburkan dan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Kegunaan Dalam

Memperbaiki Fungsi Liver

Khasiat ini terbukti sejak lama. Selain pencernaan, seledri juga menjaga kondisi liver agar tetap berfungsi dengan sempurna. Caranya : daun atau benih seledri dimakan mentah mentahsetelah makan siang. Jika tidak tahan dengan aromanya, bisa digabungkan dengan lalapan/sayuran lainnya. Konsumsi ini bersifat preventif atau pencegahan, jika dibiaskan akan sangat berguna bagi keseimbangan tubuh.

Mempelancar Urine

Gangguan ginjal berakibat pada sistem ekskresi atau pengeluaran, khususnya air seni. Seledri mentah dipilih karena kandungan zat diurectic – nya masi utuh namun pengolahan yang lain ternyata lebih efektif. Caranya : seledri direbus dengan segenggam daun kumis kucing. Tambahkan sedikit kunyit dan asam jawa, minum larutan ini pada saat hangat. Kombinasi lainnya adalah seledri direbus bersama petai cina secukupnya, dan diminum rutin. Untuk pengobatan rutin, lebih baik gunakan ramuan pertama.

Mempelancar Asi

Bagi ibu menyusui, sayur seledri sangat baik merangsang ASI.bisa dimakan sebagai makanan biasa, namun lebih baik jika diramu semacam jamu tradisional. Caranya: 2 – 3 batang seledri beserta batangnya dihaluskan dan dicampur dengan air rebusan gula merah. Minum tiap pagi dansore hari. Wanita hamil sebaiknya menjauhkan pengobatan dengan seledri. Kandungan diurectic – nya akan berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayinya. Sedangkan bagi manula lebih baik dikurangi takarannya.

Bawang Putih Mampu Mengatasi Kebotakan

Masyarakat awam mengenal bawang putih (alimun sativum) hanya sebagai pelengkap bumbu masak. Sebab, hampir tidak ada masakan pribumi yang absen bawang putih. Bahan ini memang unik. Ketika mentah aromanya mengganggu, namun diatas pendiangan aromanya sangat menggugah selera. Bahkan bawang putih dipercaya mampu mengusir roh jahat. Lalu sejauh mana kegunaan bawang putih untuk mengusir penyakit dalam tubuh manusia.

Percaya atau tidak, salah satu yang melemakan pasukan cina melawan tentara Amerika dimasa perang Korea adalah bawang putih. Bangsa Cina dikenal maniak dengan bawang putih yang aromanya menusuk hidung. Beberapa kali pasukan Cina kecolongan serangan lantaran pasukan Amerika mampu mengendus kedatangan mereka lewat bau keringat mereka yang khas dengan bawang putih.
Kisah lain menuturkan bahwa menu tetap pekerja di zaman Mesir kuno saat pembangunan Piramid Cheops adalah bawang putih. Sementara penduduk Bulgaria yang dikenal berumur panjang ( lebih dari seratus tahun ) ternyata memiliki kegemaran mengunyah bawang putih mentah layaknya kebiasaan mengunyah sirih di indonesia.
Usia bawang putih memang setua peradapan manusia. Keberadaan sebagai penyedap masakan memang telah tersaingi oleh MSG atau vetsin. Namun kandungan khasnya tak mungkin dimiliki bahan lain di dunia flora. Alisin dan scordinin adalah dua zat dalam bawang putih yang saling bekerja sama. Alisin bertugas memberantas penyakit sedangkan scordinin bertugas dan berperan memberihkan kekuatan dan mendorong pertumbuhan. Tak heran jika pasukan-pasukan perang harus banyak mengkonsumsi bahan ini. Berikut sebgai khsiat bawang putih.

Penggunaan Luar

Kandungan belerang atau sulfidanya yang tinggi menyebabkan bawang putih sangat cepat menyembuhkan penyakit berkaitan dengan kulit.

1.Bisul atau Luka Bernanah

Bisul atau luka bernanah dapat disembuhkan dengan cara mengoleskan irisan bawang putih ke bisul atau luka. Lakukan sesering mungkin sebab minyak atsiri dalam bawang putih cepat sekali menguap. Cara lainnya dengan menyiram luka dengan air rebusan bawang putih. Cara membuat air rebusan bawang putih yang telah dihaluskan dimasukkan dalam air mendidih dan dibiarkan hingga satu jam.

2.Masalah Kebotakan

Beberapa orang pernah mengalami masalah pertumbuhan rambut. Selain mengganggu penampilan, masalah ini juga berkaitan dengan kesehatan. Bawang putih dapat mempercepat pertumbuhan rambut.
Caranya : bawang putih dihaluskan dan dicampur dengan satu sendok makan belerang hingga menjadi krim. Oleskan pada bagian yang tidak ditumbuhi rambut selama setengah hingga satu jam. Lakukan setiap hari.

3.Sakit Gigi

Walau tidak berbahaya, sakit gigi sangat mengganggu. Cara mengusirnya dapat dilakukan dengan meletakan setengah siung bawang putih di atas gigi yang sakit. Tekan bawang putih dalam-dalam hingga rasa sakitnya hilang.

4.Menghisap racun

Gigitan serangga beracun seperti lipan, kalajengking, dan lainnya meninggalkan racun dalam tubuh. Pertolongan pertama adalah mengelurkan racun. Hal ini dapat dilakukan

dengan mengoleskan bawang putih yang ditumbuk halus pada bekas gigitan. Tunggu hingga beberapasaat, racun akan terhisap bersama tumbukan bawang putih.

Penggunaan Dalam

1.Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat di turunkan dengan mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah, setiap setelah makan. Rasanya sedikit pedas. Jika tidak tahan, bawang putih di iris kecil-kecil kemudian ditelan bersamaan dengan air putih. Ini dilakukan jika terjadi kenaikan darah secara tiba-tiba.

2.Mengurangi Kolesterol

kolesterol memang meresahkan. Jika tidak dapat menghilangkan sama sekali , maka menguranginy cukup bijaksana. Bawang putih ternyata bisa diandalakan dalam hal hal ini, asalkan mau mengunyah bawang putih mentah setiap kali menyantap hidangan yang berkolesterol tinggi. Setelah itu minum air hangat segelas dan gerak badan secukupnya. Aktivitas ini akan membakar lemak yang tersimpan sembari “ menjinakan “ lemak yang baru saja dikonsumsi.

3.Menghentikan Cacingan

Anak-anak kerap mengidap penyakit cacingan. Beberapa jenis cacing sangat berbahaya bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Langkah sederhana ini bisa dicoba :
Haluskan dua siung bawang putih yang dicampur daun luntas 5 lembar. Ramuan ini direbus dalam dua gelas (400 cc ) air hingga menjadi segelas ( 200 cc ), diminum hangt hangat sekali sehari.

4.Menghilangkan Sesak Nafas
Menghirup uap bisa melegakan nafas. Namun cara terbaik adalah dengan memasukannya kedalam sistem pencernaan kita.

Caranya :

Dua siung bawang putih dihaluskan dengan jahe 2 cm, direbus dengan segelas air hingga mendidih. Diminum hangat-hangat. Sesak nafas akan berkurang dengan sendirinya.
Manfaat yang didapatkan dari pengobatan ini ganda, sebab bawang putih mampu mengusir bakteri E- Coli dalam usus besar yang menyebabkan infeksi saluran urine. Bakteri ini dibunuh tanpa mengganggu mikro organisme lain yang berguna bagi tubuh.
Masih banyak lagi yang belum terungkap. Yang penting diingat bahwa mengkonsumsi bawang putih lebih banyak mendatangkan manfaat dibanding mudarat .
Satu-satunya kekurangan yang di kandung bahan ini adalah aromanya. Kini telah diproduksi bawang putih dalam bentuk kapsul yang jauh lebih prakatis, walaupun beberapa zat yang dikandungnya lenyap kala proses pembuatannya.

ooooo00000ooooo

Manfaat Ikan Laut
Untuk
Penyembuhan Alaternatif

Penyembuhan Ribuan Penyakit dari Bawah Laut

Laut selalu menyimpan Misteri. Semakin dalam ,semakin banyak yang dapat digali. Dalam Dunia kesehatan, ternyata laut tak ubahnya gudang obat yang menyimpan berbagai ramuan dan resep yang tak terkira jumlahnya. Mu;ai dari Flora-Fauna, Kandungan air laut, bahkan panorama bawah laut yang sering dimanfaatkan untuk terapi psikis.

Laut Sumber Obat
Wisat Laut adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan sekaligus menyegarkan. Beberapa pakar kesehatan bahkan menyarankan untuk melakukan marine therapy atau terapi yang berkaitan dengan laut. Terapi ini dilakukan dengan menyatu dengan laut ; tinggal dirumah pantai, mengkonsumsi makanan dari laut, menjauhkan diri dari kosmestik pabrik dan menggantikanya dengan bahan alami dari laut. Mandi air laut pada jam-jam tertentu. Dan mendengarkan debur ombak sebagai pereda ketegangan.
Tentu saja, terapi diatas tak mudah dilakukan. Yang paling mudah dipraktekan adalah obat-obatan yang berasal dari flora-fauna laut, yang sebagian besar telah dikenal oleh masyarakat. Bahkan, menjadi konsumsi sehari-hari. Bangsa jepang adalah contoh pengkonsumsi yang sempurna dari tingginya manfaat bahan-bahan dari laut. Setiap hari dalam menu mereka selalu terdapat ikan, udang, atau sejenis rumput laut.
Riset membuktikan, bahwa kandungan protein dalam ikan laut kaya akan asam linoleat ( linoleat acid ) hingga 18 %. Kandungan yang lain yang menjadi keunggulan ikan laut adalah omega – 3 yang dibentuk oleh asam ekosapentanoat ( EPA ) dan asam dokosaheksanoat ( DHA ). Jika dikonsumsi secara teratur, zat ini dapat menambah kecerdasan dan daya tahan tubuh.

Ada Bahayanya

Satu hal yang menjadi hidangan atau resep khas laut ini layak dilirik adalah tidak menyebabkan kegemukan. Sebanyak apapun dikonsumsi, ikan laut tidak menambah berat badan secara mencolok. Apa sebabnya ? kandungan lemak dalam sea food adalah lemak tak jenu yang dibutuhkan oleh tubuh. Seandainnya terjadi kelebihan, sisa tersebut mudah diuraikan dan dibuang.
Namun, bukan berarti khasiat yang dasyat tidak membawa dampak. Kususnya bagi mereka yang alergi terhadap ikan laut, sebaiknya menghindari konsumsi yang berlebihan. Beberapa jenis ikan membawa racun secara alamia, seperti ikan tuna, sarden, tongkol, dan sejenisnya. Racun ini bisa ditaklukan lewat pengolahan ikan yang tepat. Konon, keracunan ikan laut tidak hanya

disebabakan oleh racun alamiah yang dibawah oleh ikan, juga disebabkan kondisi ikan yang tidak segar. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal dalam memilih ikan laut sebelum mengolahnya. Ciri-ciri ikan yang tak segar :
Mata kusam, tak menonjol (bola mata tenggelam).
Sisik mudah copot.
Insang berwarna kelabu.
Jika ditekan bagian perut terasa empuk/lunak,tidak kenyal.
Lendir berlebihan.

Dibandingkan dengan tanaman apotek hidup, apotek laut memang kalah populer. Apalagi mendapatkan bahan-bahannya relatif lebih sulit. Namun,kandungan poteinnya yang tinggi menyebabkan efeknya relatif lebih cepat, Dan memulai dari yang paling dekat dengan kita adalah salah satu upaya menggali manfaat apotek laut dari dalam. Berikut, akan diulas manfaat beberapa biota laut, baik flora, fauna, maupun koral dan batu-batuan di dasar laut.

Ikan Tengiri ( Scomberomorus lineolatus )

Lebih populer dengan sebutan spanish mackerel atau makarel spanyol. Sebenarnya ikan ini cukup terkenal di dunia, namun memiliki beberapa variasi yang khas di setiap daerah. Ciri khas ikan ini adalah bentuknya yang menyerupai torpedo dan ekor yang ramping. Termasuk ikan yang mengembara, sehingga bentuk rampingnya memungkinkan untuk berenang cepat.
Umumnya ikan ini menyukai daerah perairan yang hangat. Di Indonesia, ikan ini sangat terkenal karena kelezatannya. Khususnya bagi masyarakat palembang yang identik dengan empek-empek –nya. Umumnya, orang memanfaatkanya sebatas konsumsi sehari-hari. Padahal ikan yang termasuk pemangsa ini menyimpan banyak manfaat, mulai dari sirip, jerohan, daging, sampai durinya. Tentu saja dengan pengolahan yang berbeda beda seperti dikukus, digoreng, atau dibakar. Beberapa resep memang dikombinasikan dengan bahan lain untuk menambah khassiat atau mengurangi efek samping.

Sirip Ikan Tengiri Rontokkan Kudis
( Scomberomorus Lineolatus )

Jika di konsumsi biasa dalam masakan, daging ikan tengiri mengandung protein hewani yang sangat tinggi. Namun campuran bumbu dan penyedap serta pemgolahan yang salah menyebabkan khsiatnya turun hingga 60%. Walaupun demikian, jika dikonsumsi secara teratur dapat menghambat radang tenggorokan (bronchitis) ringan hingga sedang.

Daging
ikan tenggiri juga dapat menyembuhkan asma, khususnya disekitar ekor dan sirip. Pengolahannya cukup direbus dengan sedikit garam hingga matang sekaligus air rebusannya. Pengobatan ini dapat dilakukan beberapa kali hingga menunjukkan hasil.

Jika anda menderita linu di sekitar kaki, khususnya untuk para manula, ikan tengiri juga menyediakan fasilitas pengobatan. Daging yang terletak di sekitar insang mengandung zat pereda ngilu dan linu persendian. Caranya dengan merebus atau membungkus hingga matang dan dimakan langsung. Pengobatan dapat dilakukan berulang-ulang atau cukup sekali saja jika rasa ngilu telah berkurang atau hilang.

Jerohan
Dalam pengolahan jerohan ini memang harus hati-hati. Selain harus dalam keadaan segar, jerohan sebisanya dalam keadaan baik/utuh. Jika beberapa bagian rusak atau hancur dikhawatirkan akan merusak khasiat yang dikandungnya. Umumnya diramu bersama bahan lain untuk mengurangi efek sampingnya yang cukup keras.

1.seluruh jerohan direbus hingga matang, dapat menyembuhkan pusing yang berkepanjangan (bukan disebabkan oleh anemia). Caranya dengan meminum air rebusan dicampur dengan daun salam segar yang diremas-remas terlebih dahulu. Hasilnya akan lebih maksimal jika dilakukan minimal tiga kali berturut-turut.
2.Khusus untuk hati ikan tengiri khsiatnya untuk menyembuhkan gangguan saluran kencing/ uretra. Namun hanya diperbolehkan bagi penderita pada usia 20 – 45 tahun. Bagi manula, cara ini terlalu beresiko sebab harus dimakan mentah-mentah. Kandungan proteinnya terlalu tinggi sehingga pengobatan ini memang tidak dapat dilakukan semua orang.
3.Khususnya bagi kaum wanita yang ingin lebih subur, jerohan ikan tengiri termasuk solusi. Direbus bersama dengan biji pisang klutuk yang telah matang dan beberapa biji cengkeh. Jerohan dimakan dan diminum air rebusannya. Jika ingin segera mendapatkan keturunan, lebih baik jika diminum sebelum melakukan hubungan suami isteri.

Sirip dan Duri.

1. Sirip ikan tengiri mempunyai fungsi yang spesifik, yaitu untuk penyakit luar seperti kulit dan rambut. Sirip bagian atas kususnya penyakit kulit seperti eksim yang telah akut, luka gatal dan bernanah, koreng, kudis, dan sejenisnya. Caranya sirip direbus hingga setengahnya. Air rebusan diminum hangat-hangat . jika sekaligus ingin menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan oleh luka atau penyakit tersebut, rebusan dicampur dengan daun sirih atau beluntas.

2. Ketombe rupanya menjadi penyakit umum yang mencemaskan. Jika berbagai sampo dan obat-obatan kimia tak mampu menghentikannya, mungkin resep berikut bisa dicoba. Duri ikan tengiri dijemur hingga kering, kemudian dibakar hingga berwarna hitam, lalu dihaluskan. Serbuk ini kemudian dicampurkan minyak kelapa atau lidah buaya dan dioleskan pada kulit kepala selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu rambut dicuci hingga bersih. Dilakukan beberapa kali hingga ketombe benar-benar lenyap.

Udang laut
( crustaceae Sp )

Di antara bahan pangan laut lainnya, udang tergolong berkolesterol tinngi. Rasanya yang khas membuat orang lupa pantangan dan terus mengkonsumsinya. Apalagi udang hadir dalam aneka rasa seperti petis dan terasi. Akibatnya kolesterol dalam darah naik drastis. Untuk menghindarinya, disarankan mengkombinasikan udang dengan masakan lain yang rendah kolesterol seperti buah, sayur, dan gandum. Udang laut terdiri berbagai jenis dan ukuran. Khasiatnyapun beragam. Namun keseluruhan umum mempunyai kesamaan. Beberapa resep diramu dengan bahan-bahan lain sebagai penunjang.

1. Khasiat udang laut secara umum adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat. Caranya : udang direbus tanpa dibuang kepala atau kulitnya dan dimakan sekaligus dengan air rebusannya. Bisa dikonsumsi setiap hari, namun menu lainnya harus diatur agar keseimbangan terjaga. Khusus untuk balita, konsumsi udang laut dapat diselingi dengan udang tawar sebab kandungan udang laut terlalu keras untuk metabolisme tubuh anak-anak.

2. khasiat khususnya berkaitan dengan gangguan mag atau perih lambung. Kulit udang dipisahkan dari daging dan kepalanya hingga tersisa kulit dan bagian ekornya. Kira-kira 150 gram kulit dan ekor udang ini direbus dengan air rendaman beras hingga mendidih. Setelah matang, disaring dan ditambahkan sedikit garam atau gula. Diminum/dimakan hangat-hangat, pagi dan sore hari.

3. Kepala udang juga mengandung khasiat alami. Jika anda sukar berkosentrasi dan sering diganggu dengan rasa pusing, cobalah ramuan berikut —- Kepala udang dipisahkan dari bagian tubuhnya. Kir-kira 100 gram kepala udang digoreng tanpa campuran apapun. Bisa digunakan untuk lauk, namun harus diperhtikan dalam memilih udang. Hindari kepala udang yang telah membiru atau bau. Udang yang tak segar selain membahayakan juga tak nikmat lagi sebgai hidangan.

4.Bagi penderita Ginjal, udang memberikan alternatif pengobatan. Daging udang dibersihkan dari kulit, kepala, dan ekornya. Sekitar 100 gram bahan ini dikukus tanpa campuran bumbu apapun. Bisa dikonsumsi setiap hari. Jika pemeriksaan secara medis menunjukan perbaikan, maka porsi dikurangi sedikit demi sedikit.

Daging Ikan Kakap Tingkatkan Daya Ingat

Ikan kakap memang menjadi pilihan setiap orang sebagai hidangan bergengsi. Ikan ini sangat digemari. Sayang, harganya masih belum terjangkau untuk dikonsumsi sehari-hari. Jenis yang paling populer adalah kakap merah dan kakap putih. Selain rasa dagingnya yang gurih, kedua jenis kakap ini relatif subur di perairan Nusantara.

Sebagai konsumsi kesehatan, masing-masing jenis kakap ini memiliki ciri khas. Namun secara umum, kakap menrupakan alternatif penyembuhan yang banyak berkaitan dengan sirkulasi darah. Kakap memiliki hormon khusus yang dapat merangsang pengikatan oksigen oleh darah. Darah yang banyak mengandung oksigen menyegarkan tubuh dan mencegah penumpukan bahan-bahan beracun dalam tubuh. Tentu saj masih banyak fasilitas lain yang disuguhkan oleh alam lewat tubuh kakap seperti berikut ini :

Pengolahan Daging

1. Daging kakap yang direbus atau digoreng biasa dapat meningkatkan daya ingat dan secara efektif melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika dikonsumsi secra rutin, maka kelelahan dan pegal-pegal akan berkurang.

2. Khusus bagi wanita yang sering mengalami sembelit, daging kakap beserta air rebusannya bisa dikonsumsi tiga hari berturut-turut. Yaitu menjelang haid dan sehari setelahnya. Untuk menghindari aroma tak sedap, bisa ditambahkan daun sirih 2 – 3 helai ke dalam rebusan.

3. Masih buat kaum wanita, daging ikan kakap membantu mengecangkan kulit. Khususnya bagi wanita di atas 30 tahun. Caranya, sekitar 150 gram daging kakap direbus bersama biji cengkeh 3 – 5 buah hingga mendidih. Makan daging sekaligus air rebusannya.

Organ Tubuh

1. Sirip ikan kakap bagian atas yang berduri dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan kelumpuhan ringan. Pada tulang sirip ini terkandung kalsium dan fosfor dalam prosentase yang ideal untuk memulihkan kekuatan tulang. Caranya : tulang sirip ini dipotong-potong dan direndam dalam air garam selama 15 – 20 menit. Selanjutnya ditiriskan dan direbus hingga mendidih. Diminum setiap menjelang tidur.

2. Insang kakap ternyata tak lepas dari manfaat. Penderita batuk kronis hingga dahaknya mengandung darah bisa mempraktikkan resep ini. Insang kakap bisa dikukus atau direbus, dan dimakan langsung sampai habis.

3. Otak kakap mengandung protein yang sangat tinggi. Pada dasarnya dapat digunakan untuk memulihkan kesehatan serta mencerdaskan otak. Sangat bagus untuk orang yang baru menjalani operasi atau sakit parah. Selain itu dapat menajamkan penglihatan. Memang tergolong sulit memburu organ yang satu ini, namun mengkonsumsinya berarti memberi gizi terbaik pada tubuh.

Kerang

Kerang sebaliknya adalah makanan segala kalangan. Dapat dinikmati dipinggir jalan atau di restoran mewah. Manfaatnya tak berubah, hanya tergantung bagaimana mengelolahnya. Kerang tergolong mahkluk bertubuh lunak. Anatominya sederhana, dan ciri khasnya adalah cangkang keras sebagai pelindungnya. Baik kerang maupun cangkanya memiliki kegunaan untuk kesehatan.

1.Kerang rebus. Menu ini jauh dari kesan pengobatan. Namun, setiap ekor kerang yang kita telan memberi kemungkinan kesehatan lambung kita. Pencernaan menjadi lancar. Jadi, menu kerang sesering mungkin akan memungkinkan organ tubuh kita menyerap makanan.

2.Bila insomnia atau penyakit susah tidur menghantui anda, kerang bisa membantu menghentikannya.

Caranya ;
cukup menjadikan kerang menu utama. Pengolahannya yang agak berbeda yaitu dengan melumatkan daging kerang dan dicampur dengan lengkuas yang dimemarkan. Pengolahnnya bisa apa saja. Yang penting sebelum tidur anda memakannya secara teratur sampai gejala insomnia lenyap.

3.Butiran –butiran berwarna hitam yang berasal dari perut kerang bisa menyembuhkan lemah jantung. Gejalanya sering pucat, tersengal-sengal, dan berkeringat dingin. Konsumsi ini harus diikuti dengan pengobatan lainnya. Namun setidaknya bisa mengurangi frekuensi gejala tersebut.

4.Jika anda bisa membuang kulit kerang sebelummemasaknya, mulai sekarang jangan lakukan hal tersebut. Cangkang kerang yang keras sangat baik menghilangkan rematik dan linu tulang. Khususnya bagi para manula

Caranya :
Cangkang kerang tersebut , terutama yang masih baru, dicuci bersih dan direbus dengan air kelapa. Setela mendidih, masukkan daun salam segar sebanyak 4 – 4 lembar. Tunggu sampai hangat, dan diminum habis. Lakukan secara rutin, dan selama pengobatan ini usahakan tubuh atau bagian yang sakit tidak kedinginan .

Tongkol Merangsang Sel Darah Merah

Ikan tongkol (Thunnus maccoyii) sangat cocok bagi lidah Indonesia. Tongkol menjadi pilihan karena dagingnya yang gurih, padat, dan mudah diolah menjadi berbagai menu masakan. Kandungan protein tongkol yang tinggi menjadikan tongkol layak dijadikanmenu sehari-hari, terutama bagi usia pertumbuhan. Namun bagi orang yang alergi terhadap ikan laut, sebaiknya meminum obat antihistamine atau ramuan tradisional berupa air rebusan kumis kucing. Obat atau ramuan ini dapat menghambat gejala akibat alergi terhadap ikan tongkol.

Tongkol lebih umum dijual dalam bentuk tongkol asap atau matang. Memang rasa masakannya akan tidak jauh berbeda dengan tongkol segar. Namun tongkol sebagai apotek laut sebaiknya dalam keadaan segar. Selain lebih bernilai gizi, tongkol segar masih mengandung cairan tertentu yang dikeluarkan saat pengolahan ( direbus, dikukus, atau digoreng ). Misalkan cairan yang dihasilkan dari bawah kulit tongkol, dari insang, atau sekitar rongga mulutnya. Sementara pada tongkol asap, cairan tersebut tentunya telah menguap.
Khasiat tongkol yang utama cukup spesifik, yakni merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah dan menghambat proses penuaan. Khususnya pada tulang dan kulit. Jika dikonsumsi secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu sebagai menu utama, penyakit semacam rheumatic dan anemia akan sulit mengganggu anda. Khasiat tongkol lainnya adalah untuk mengobati penyakit antara lain :

1.Rheumatic dan Linu Tulang

Caranya sangat sederhana, yaitu cukup menjadikan tongkol sebagai menu utama sehari-hari. Pengolahannya bisa direbus, digoreng atau dikukus. Khasiatnya terletak pada daging, oleh karenanya harus menggunakan ikan tongkol segar.
Untuk terapi Rheumatic yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selam pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan.

2.Anemia atau Lesu Darah

Tanda-tanda anemia adalah cepat capek, pegal-pegal dipersendian , pucat,kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis-garis hitam dibawah mata. Jika anemia menyerang, segera, segera atasi. Pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh sangat menurun. Yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan menguat kembali. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus.

Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.

3.Mencegah Ejakulasi Dini

Jika kehidupan pasutri anda sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor. Di sini apotek laut akan membantu anda dalam menghindarkan ejakulasi dini dan bisa tahan lama .

Caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan pasutri anda.

4.Kulit Kusam

Kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku sering terasa kasar dan kusam. Bagi kaum wanita hal ini sangat mengganggu penampilan dan kecantikan. Resep berikut bisa dicoba. Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.

Teri ( Anchoa Sp )

Ikan mungil ini memang cenderung terabaikan. Jika tak pandai mengolahnya, teri memang kalah bersaing dengan ikan laut lainnya. Di balik ukuranya yang mini, ternyata teri kaya khasiat. Terutama untuk mencegah sinusitis dan menyehatkan mata. Berikut penjelasanya :

1.Sinusitis

Sinusitis dikenal lewat gejalanya yang terus-menerus terserang pilek dan selalu mengeluarkan lendir/ ingus. Hal ini disebabkan adanya cairan berlebihan disekitar hidung. Sedikit saja kondisi tubuh menurun, gejala ini akan sangat mengganggu. Penanganannya bisa melalui penyedotan cairan secara medis atau obat-obatan.
Teri adalah alternatif ketiga. Mengkonsumsi teri dapat mengurangi cairan di sekitar hidung secara alami. Pengolahannya bebas, asalkan teri diolah dalam keadaan segar. Sedangkan untuk pencegahan bisa digunakan teri kering yang biasa dijual di pasaran.

2.Kesehatan dan kesegaran Mata

Ikan teri ternyata mengandung protein dan mineral yang berfungsi membersihkan selaput mata, sehingga mata menjadi bening dan sehat. Tak hanya sehat mat, mata juga tampak cemerlang. Karenanya teri juga baik untuk menu sehat balita dan anak-anak, asalkan dalam jumlah yang sesuai.

Tiram Mampu Turunkan Tekanan Darah

Tiram (osteidae). Secara fisik, tiram memang sangat berbeda dengan ikan. Tiram hanya bergerak pada saat menetas dari telur. Dalam jangka waktu kurang dari 24 jam, cangkang atau rumah tiram mulai menetap dalam rumahnya yang aman. Sekali waktu rumahnya terbuka lebar, namun jika bahanya mendekat, cangkanya menutup rapat.

Kandungan gizi tiram sangat tinggi . sementara komposisi proteinnya sangat membantu pembentukan anti-coagulant atau zat anti pembeku darah. Mengkonsumsi tiram dalam proporsi tertentu sangat membantu kelancaran sirculasi darah. Namun untuk penderita haemofilia, tiram harus dihindari karena mencegah pembekuan darah.
Berikut manfaat dan pengolahn tiram.

Radang Paru-Paru (pneumonia)
Penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Kerap disebut paru-paru basah sebab ruang dalam paru-paru yang semestinya menjadi tempat pergantian udara tirisi oleh nanah atau cairan. Akibatnya oksigen tidak dapat bercampur dengan dengan darah sehingga darah terisi oleh zat lemas ( CO2 ). Tubuh menjadi lemas dan sebagian besar organ tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik.
Mengkonsumsi tiram berarti mencegah pneumonia. Kandungan protein dalam tiram berfungsi melawan virus atau bakteri penyebab paru-paru. Namun jika bakteri ini menyerang anda, maka protein tiram akan membantu metabolisme tubuh. Lebih baik jika tiram dikonsumsi setengah matang, sebagaimana yang dilakukan oleh orang jepang. Caranya cukup menyiram tiram mentah dengan air mendidih. Penambahan bumbu penyedap tidak akan mengurangi manfaatnya.

Mengurangi Pembengkakan
Khasiat tiram lainnya adalah mengurangi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Khususnya pembengkakan yang disebabkan oleh salah urat atau keseleo. Selain rasa nyeri berkurang, tiram mencegah peradangan lebih lanjut. Caranya : cairan kental yang melapisi tubuh tiram dioleskan pada bagian yang bengkak, seperti kaki, lengan, atau persendian lainnya. Sambil dipijat ringan, biarkan cairan tersebut agak mengering. Bengkak akan cepat mengempis dan rasa akan berkurang.

Mempercepat Pemulihan setelah Operasi
Kondisi pasca operasi memang sangat lemah. Dalam hal ini operasi yang berkaitan dengan tulang dan persendian. Untuk mempercepat perbaikan kondisi tubuh, cangkang kerang dapat dipergunakan. Caranya : cangkang tiram yang baru dibuka, direndam dengan air matang yang dicampur daun salam segar 4 – 5 helai. Rebus air tersebut hingga mendidih, dan minum sampai habis.

Cumi – cumi
(architeutis dux)

Hewan bertubuh khas ini cukup unik. Seperti halnya Tiram, mahkluk ini tak mempunyai tulang. Keistimewaannya adalah tinta mengandung racun yang disemprotkan sebagai pelindung. Dalam dunia pengobatan, cumi memang kurang dikenal. Namun melalui beberapa penelitian, didapatkan hasil bahwa daging cumi memiliki daya pengobatan yang layak dipertimbangkan.

Menurunkan Tekanan Darah
Penderita hipertensi yang kerepotan dengan menu kesehatan bisa memasukkan cumi-cumi sebagai alternatif makanan sehat. Khususnya daging cumi-cumi pada bagian tentakel (tangan). Pengolahnnya cukup dimasak biasa. Dan konsumsi proposionalnya sekitar 2 – 3 kali seminggu dengan komposisi makanan yang seimbang. Selain sehat, tekanan darah juga relatif terkendali.

Memperlambat Proses osteoporosis ( Kerapuhan Tulang )

Tulang bagian tubuh yang kuat sekaligus rawan. Kerapuhan tulang terjadi secara bertahap dan dalam waktu yang lama. Osteoporosis dapat dicegah dengan menambha kandungan kalsium dalam tubuh, kalsium ini didapat melalui beberapa jenis bahan makanan. Walaupun tergolong mahkluk lunak, cumi mampu menghambat proses kerapuan tulang melalui dibawah kulit luarnya.
Caranya
Pengolahannya cukup direbus dengan air dan perasan mentimun secukupnya, hingga setengah matang. Perasan mentimun berfungsi untuk mengeluarkan cairan di bawah kulit cumi.

Mempertinggi Imunitas ( Kekebalan Tubuh )

Cumi-cumi yang lunak dan tampak tak memiliki pertahanan ini justru menyediakan bahan pembentuk sistem kekebalan tubuh yang baik. Tak hanya bagi manusia sebagai konsumen akhir, tapi bagi siapapun yang memakan daging cumi . kekebalan alami ini didapat dari organ dalam cumi.

Caranya
memasak cukup direndam dalam air mendidih atau cukup dikukus sebentar. Bakteri atau virus yang mengkontanminasi tubuh akan segera dilemahkan serangannya.

Selesai

Komentar ditutup.